08 May 2020, 15:02 WIB

​​​​​​​Satpol PP Siapkan Sanksi Sosial Bagi Pelanggar PSBB


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KEPALA Satpol PP DKI Jakarta Arifin kini sedang menyiapkan aturan teknis soal pemberian sanksi sosial bagi para pelanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Arifin menyebutkan sanksi sosial bisa diberikan langsung di tempat dan waktu saat ada warga yang melakukan pelanggaran seperti berkerumun di tempat umum.

"Iya kalau yang masi bandel-bandel nanti ketemu lagi sanksi hukumnya ada. Bisa sanksi sosial. Sedang kita rumuskan nantilah diumumkan," kata Arifin saat dihubungi, Jumat (8/5).

Baca juga: DPRD: Menteri Jokowi Jangan Salahkan Anies soal Bansos

Arifin menjelaskan sanksi sosial jenis-jenisnya bisa bermacam-maca seperti yang paling sederhana adalah hukuman membersihkan sarana dan prasarana kota.

"Di tempat saja langsung. Orang sedang nongkrong dibuat surat keterangan teguran tertulis terus kasih sapu. Kita kasih rompi seperti KPK itu warna oranye tapi ada tulisan pelanggar PSBB disuruh nyapu," paparnya.

Saat ini teknis aturan itu belum ditetapkan sehingga belum bisa dilakukan. Namun, menurutnya, sanksi ini apabila nanti sudah diterapkan akan bisa membawa efek jera kepada warga. (A-2)

 

 

BERITA TERKAIT