08 May 2020, 15:00 WIB

Hilang 3 Hari Nelayan Halmahera Utara Ditemukan Lemas


Hijrah Ibrahim | Nusantara

HILANG selama tiga hari saat melaut, seorang nelayan di Desa Wosia Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, ditemukan dalam kondisi lemas, Jumat (8/5).

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan kelas II Ternate, Muhammad Araf mengatakan,  Korban bernama Zeth Makangiras, 71, pertama kali ditemukan oleh nelayan lainnya di perairan Tolonuo dengan jarak 10,39 arah tenggara dari koordinat LKP.

"Korban kemudian di evakuasi ke keluarganya di Desa Wosia," ungkap Arafah

Tim SAR gabungan yang sedang melakukan pencarian mendapatkan informasi, korban telah ditemukan sehingga langsung bergerak menuju kediaman keluarga korban di Desa Wosia untuk memastikan laporan tersebut.

Baca Juga: Pedagang Pasar Luncurkan 'diPasar' untuk Belanja Dari Rumah

Sementara itu, Korban Zeth Makangiras menceritakan dirinya selama tiga hari bertahan hidup di laut dengan bekal makanan yang dibawa melaut yakni nasi, sagu dan lauk  serta bertahan meminum air dengan Air Laut.

"Demi bertahan hidup saya meminum air laut dan bertahan dengan sisa bekal yang dibawa,"ungkap Zeth Makangiras

Lanjut Zeth Makangiras sebelum hilang dirinya sempat terdampar di pulau Kokoya depan pulau daruba Kabupaten Pulau Morotai dan disitu dirinya diberi BBM oleh warga setempat. Lalu, dia kembali pulang ke Tobelo Halmahera Utara, namun BBM yang di kasih warga tersebut habis saat dalam perjalanan sehingga dirinya pun hanyut terbawa arus hingga akhirnya ditemukan nelayan lain. (OL-13)

Baca Juga: Guru Besar Unpad: Revisi UU MK Sarat Kepentingan Politik

BERITA TERKAIT