08 May 2020, 13:46 WIB

Iran Serang Infrastruktur Air Israel


mediaindonesia.com | Internasional

Iran melancarkan serangan siber terhadap fasilitas air Israel pada akhir April. Kata laporan Fox News, Kamis (7/5).

Seorang pejabat Departemen Energi AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada jaringan itu Washington memiliki kekuatan untuk melindungi dirinya sendiri dan sekutunya dari serangan-serangan, tetapi tidak menjelaskan tentang serangan tersebut.

Pejabat mengatakan tidak jelas apakah serangan itu berhasil.

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh surat kabar Israel Yedioth Ahronot mengatakan fasilitas air Israel terkena serangan siber. Namun, tidak ada pernyataan yang dibuat oleh otoritas Israel.

Fox News mengatakan peretas menggunakan server AS dalam serangan bulan lalu. Pejabat urusan air dan dunia maya Israel mengatakan upaya gangguan itu tidak mengganggu pasokan air negara.

Serangan itu terjadi pada 24-25 April di berbagai fasilitas air dan air limbah di seluruh negeri, menurut situs berita Ynet.

Pada saat itu, Otoritas Air dan Direktorat Siber Nasional Israel mengonfirmasi upaya pelanggaran siber pada sistem komando dan kontrol air.

“Upaya serangan itu ditangani oleh Otoritas Air dan Direktorat Siber Nasional. Harus ditekankan tidak ada kerusakan pada pasokan air dan masih beroperasi, dan terus beroperasi, tanpa gangguan," ujarnya. (AA/Times of Israel/Hym/OL-10)

BERITA TERKAIT