08 May 2020, 13:05 WIB

Kemenperin dan Shopee Kampanye Bareng Fesyen Muslim


M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) bersama Shopee menjalin kerja sama untuk mengkampanyekan membeli produk industri kecil menengah (IKM) penjualan pakaian atau fesyen muslim.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan kerja sama tersebut bertujuan untuk mengembalikan gairah dan semangat positif masyarakat agar dapat menikmati nuansa lebaran sekaligus turut berperan menjaga ketahanan ekonomi nasional di masa pandemi covid-19 melalui pembelian produk fesyen muslim lokal.

"Dengan membeli produk fesyen muslim lokal,  konsumen ikut membantu roda perekonomian terus berjalan dan akan berdampak positif kepada para pengrajin, penjahit, logistik dan banyak lagi pihak yang akan terbantu secara ekonomi," kata Agus saat pre-launching kampanye Beli Produk Lokal Fesyen Muslim #LebaranUntukSemua melalui telekonferensi, Jumat (8/5).

Selain itu tujuan program ini untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk busana muslim lokal dan membantu peningkatan penjualan produk lokal dan IKM produsen pakaian muslim.

"Program ini ditargetkan untuk bisa diikuti oleh IKM yang sudah melakukan penjualan di marketplace Shopee ataupun belum pernah berjualan online sama sekali," ujar Agus.

Untuk IKM IKM yang belum pernah melakukan penjualan secara online, nantinya akan diberikan pelatihan pemasaran online.

Dalam kerja sama ini IKM yang terlibat dalam kampanye ini berasal dari Jawa Barat sebesar 31%, Jawa Timur 18%, Daerah Istimewa Yogyakarta 13%, DKI Jakarta 11 %, Jawa Tengah 10%, Sumatera Barat 7%.

Sementara terdapat pula dari Banten, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Aceh, Bali, Kepulauan Riau, Lampung dan Maluku Utara.

Kampanye bersama belanja produk fesyen muslim akan dilaksanakan pada tanggal 12-19 Mei 2020 di Shopee Indonesia dan bisa diakses melalui Banner Khusus di Marketplace Shopee. (E-1)

BERITA TERKAIT