08 May 2020, 12:01 WIB

RFEF Usulkan Lima Pergantian Pemain di Laga La Liga


Patrick Pinaria | Sepak Bola

ASOSIASI Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengusulkan aturan baru pergantian pemain kepada operator La Liga. Mereka meminta agar La Liga menerapkan lima pergantian pemain ketika liga musim ini dilanjutkan.

Sebelumnya, aturan lima pergantian pemain sudah diusulkan Federasi Sepak bola Dunia (FIFA). Mereka ingin mengeluarkan aturan itu agar mencegah potensi badai cedera pemain. Mengingat, jadwal kompetisi bakal dipadatkan agar bisa selesai sesuai tenggat waktu ditetapkan UEFA, yakni Agustus.

Usulan itu mendapat respons positif dari RFEF. Mereka pun mengajukan usulan aturan lima pergantian pemain kepada La Liga. Akan tetapi, RFEF menegaskan lima pergantian pemain itu hanya bisa dilakukan dalam tiga momen.

Baca juga: Pelatih Leganes Sebut La Liga Digelar Kembali 20 Juni

"Presiden RFEF Luis Rubiales merinci lebih dari sebulan lalu RFEF membahas dengan FIFA kemungkinan menambah jumlah pergantian pemain untuk menjaga kondisi pemain saat kompetisi dilanjutkan," tulis pernyataan RFEF.

"FIFA baru-baru ini menyetujui kemungkinan perubahan aturan pergantian pemain ini dan akan mengajukan usulan kepada IFAB, badan internasional yang menyetujui amandemen aturan, yang dalam hal ini sedang menunggu lampu hijau dari mereka untuk diberlakukan dalam divisi pertama," lanjut mereka.

"RFEF memutuskan mengusulkan kepada Komisi Delegasi besok kemungkinan membuat lima perubahan di semua kategori nasional, yang juga berlaku untuk babak playoff yang dirancang dalam proposal resolusi kompetisi. Perubahan ini akan dibatasi dalam tiga momen agar menghindari pengunduran waktu pertandingan," tutup RFEF. (Goal/OL-1)

BERITA TERKAIT