08 May 2020, 11:26 WIB

Calon Kepala Daerah Mulai Memanaskan Mesin Politik


Akhmad Safuan | Nusantara

PARA calon pemimpin daerah yang akan maju Pilkada 2020 mulai melakikan pemanasan mesin politiknya. Seperti di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dua calo pasangan yang maju pada Pilkada 2020 yang akan berlangsung Desember mendatang adalah Ngesti Nugraha-M Basari dan Bintang Narsasi-Gunawan Wibisono. Alat peraga kampanye telah dipasang di berbagai titik. Dan tim sukses pun sudah bergerilya mencari dukungan ke desa-desa.

"Pilkada diundur Desember dan KPU juga belum membuka pendaftaran namun > kedua pasangan itu sudah ramai bersosialisasi cari dukungan," kata Eko,45 warga Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi mengatakan  pemerintah dan DPR sepakat pemilu dikakukan 9 Desember 2020 mendatang, KPU di daerah belum dapat bergerak apa-apa karena masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari KPU pusat.

"Kami siapkan beberapa sekenario setiap tahapan untuk pekaksanaan pilkada mendatang baik jika dipastikan 9 Desember atau mundur lagi," kata Maskup, Jumat (8/5).

baca juga: Pertamina Gandeng UMKM Salurkan Bantuan Masa Pandemi

Sekenario apabila Pilbup Semarang digelar 9 Desember 2020 maka pada 30 Mei KPU akan mengaktifkan petugas PPK dan PPS mulai 30 Mei, coklit pada 4 Juli sampai 2 Agustus, penetapan paslon pada 8 September, masa > kampanye mulai 11 September sampai 5 Desember hingga pemungutan suara. Dalam kondisi pandemi korona KPU tetap harus mengutamakan menjaga kesehatan semua pihak, sehingga protokol keseharan tetap akan dilaksanakan selama tahapan pilkada berlangsung. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT