08 May 2020, 11:08 WIB

Relawan Kesehatan Mudik Ke Tasikmalaya,Ternyata Positif Covid-19


Kristiadi | Nusantara

AS, warga Desa Karangmukti, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, dijemput petugas layanan kesehatan (Sigesit) 119 yang dikelola oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (7/5) dini hari. Ia diduga terpapar covid-19. Salah seorang warga Yusup, 27, mengatakan, penjemputan yang dilakukan petugas tersebut terjadi Kamis (7/5) pukul 01.00 WIB. Para petugas dengan mengenakan alat pelindung diri mendatangi AS yang baru pulang dari Jakarta pada Sabtu (2/5).

"Informasi yang didapat dari tetangganya, ia sempat menjalani tes swab massal di Jakarta. Namun, hasil belum keluar, AS  pulang ke rumahnya di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Ia pulang ke rumah tidak melakukan sosialisasi. Justru ia membuka usaha apotek. Dan selama buka usaha, banyak warga membeli obat ke apotek itu termasuk balita," kata Yusup, tetangga AS, Jumat (8/5).

Warga lainnya, Gunawan, 41, mengatakan kabar terakhir yang didapatnya,AS dijemput petugas dan dibawa ke Rumah Sakit Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya. 

"Saya sebagai warga kaget, soalnya pasien itu habis dari Jakarta menjadi relawan di RS Sulianti Saroso, hingga dia pulang ke Tasikmalaya untuk membuka usaha apotek. Banyak warga ke sana. Warga berinisiatif melakukan isolasi mandiri," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, Heru Suharto mengatakan dari hasil tes swab,AS dinyatakan positif covid-19. Kini di Kabupaten Tasikmalaya jumlah pasien positif covid-19 kini  menjadi dua orang.

baca juga: Panen Raya, Petani Semangka Barito Selatan Bisa Raup Omzet Rp1 M

"Sekarang ini, ada penambahan satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya. Orang bersangkutan sehari-harinya bekerja di RS Sulianti Saroso, Jakarta yang kini telah menjadi rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. Pasien tersebut sudah ditangani di ruang isolasi dan sekarang telah dalam perawatan," paparnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT