08 May 2020, 10:07 WIB

Panen Raya, Petani Semangka Barito Selatan Bisa Raup Omzet Rp1 M


Surya Sriyanti | Nusantara

PETANI semangka di Desa Pamangka, Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah (Kalteng) memasuki panen raya. Dari hasil panen itu diperkirakan meraup omset Rp 1 miliar. Hasil panen ini akan memasok  sebagian kebutuhan semangka selama Ramadan di wilayah Kalteng. Begitu pula dengan buah melon yang dibudidayakan pada lahan 0,25 hektar, juga panen perdana belum lama ini.

Dalam kalkulasinya sederhana,produktifitas 250 kuintal semangka per hektar dikalikan luas lahan 10 hektar hasil semangka yang diperoleh 2.500 kuintal. Kemudian dikalikan lagi harga semangka di tingkat petani Rp4.000 per kg. Dengan demikian diperoleh estimasi omset Rp1 miliar tersebut tidak sulit diraih petani semangka Desa Pamangka.

"Hal ini  mengingat tingginya permintaan semangka untuk kebutuhan buka puasa selama Ramadan," kata Daili, Penyuluh Pertanian Kabupaten Barito Selatan dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan Kementerian Pertanian, Jumat (8/5).

Daili yang merupakan penyuluh pertanian di kabupaten itu mengatakan petani semangka dan melon di wilayah binaannya bergabung pada kelompok tani [Poktan] Betang Karya Baru dan Rojo Tani yang membudidayakan semangka dan melon.

"Melon yang mereka budidayakan adalah varietas Action, oranye dan putih. Produktifitasnya 60 kuintal per hektar. Harga di tingkat petani kisaran Rp3 ribu hingga Rp4 ribu per kg," kata ujarnya.

Perkiraan omset petani Desa Pamangka dari panen melon sekitar Rp6 juta dari hasil panen 15 kuintal dikalikan harga jual Rp 4 ribu per kg. Panen berlangsung tiga bulan setelah penanaman, yang buahnya manis dan segar sebagai makanan dan minuman untuk salad, jus dan rujak. 

baca juga: Warga Yogyakarta Tidak Patuhi Protokol Covid-19
 
Umur panen semangka sekitar 70 hingga 100 hari setelah penanaman. Lazimnya, jumlah buah berkisar dua hingga tiga buah setiap pohon satu buah pada cabang pohon dan dua buah pada batang utama dari pohon, dengan berat buah sekitar enam hingga delapan kg per pohon. (OL-3)

BERITA TERKAIT