08 May 2020, 09:54 WIB

Bansos DKI Tahap Kedua Bakal Diberikan 14 Mei


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

KETUA Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono menuturkan Pemprov bakal menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap kedua menjelang Hari Raya Idul Fitri 2020. Bantuan berupa paket sembako itu akan dibagikan kepada warga yang terdampak Covid-19.

"Pemprov bakal memberikan sembako pada tujuh atau 10 hari sebelum Lebaran. Sekitar 14 Mei nanti. Kita lihat saja," kata Mujiyono kepada Media Indonesia, Jumat (8/5).

Menurutnya, ada penambahan isi paket sembako. Sebelumnya, nominal bantuan sembako tahapan pertama itu sebesar Rp149.500 untuk tiap kepala keluarga yang terdampak Covid-19. Bakal ada tambahan yang mencapai Rp250 ribu hingga Rp300 ribu per paket sembako.

Baca juga: Anggota DPRD Benarkan Data Bansos DKI Bermasalah

"Tambahan itu kan karena menjelang Lebaran. Jadi, wajar diberikan ke warga yang sudah terdata," imbuh Mujiono.

Tidak hanya itu, jumlah penerima bansos tahap kedua juga bakal bertambah. Dari Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 386 Tahun 2020 tentang Penerima Bantuan Sosial Bagi Penduduk yang Rentan terdampak Covid-19 selama PSBB di Jakarta, tercatat ada 1.194.633 kepala Keluarga penerima bantuan sosial.

"Setelah diverifikasi lagi jumlah penambahan penerima bansos, bakal dikeluarkan lagi SK Gub pengganti. Kemarin kan berlaku untuk 1,19 juta KK, masa pake SK Gub lama. Sepotong uang negara harus dipertanggungjawabkan," jelas Mujiyono.

Sudah sepekan belakangan, warga yang terdata sebagai penerima bansos mendapatkan bantuan dari tangan pemerintah pusat yakni Kementrian Sosial. Mujiyono menegaskan pihaknya bakal mengawasi ketat penyaluran bansos tahap berikutnya.

"Kita lihat saja, tepat waktu enggak mereka. Kalau enggak, kita uber terus," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT