08 May 2020, 02:15 WIB

Aa Gym Agar tidak hanya Saum Mulut


MI | Humaniora

MENJALANI Ramadan di masa pandemi semestinya tidak menyurutkan ibadah ataupun menuntut ilmu agama. Demikian hal itu diingatkan ustaz Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym.

Melalui unggahan IGTV di akun Instagram-nya, @aagym, Selasa (5/5), pendakwah asal Bandung, Jawa Barat, ini mengungkapkan kerugian jika hanya menghabiskan waktu untuk berkeluh kesah. Demikian pula jika hanya menjalani puasa dengan menahan lapar.

“Kita pun terus belajar tentang bagaimana Ramadan tidak hanya saum mulut, lisan, pandangan, pendengaran, perut, juga saum pikiran dari ketergantungan kepada selain Allah. Maka, buatlah program menimba ilmu dan menyehatkan fisik, terutama ilmu kita untuk menikmati detik demi detik yang spesial di bulan Ramadan ini. Kita mengerti bagaimana menyikapi Ramadan dengan amalan dan hati yang spesial. Insya Allah,” ujar pria berusia 58 tahun ini.

Aa Gym juga menyarankan agar keluarga dapat menimba ilmu bersamasama. Dengan adanya teknologi dan berbagai media, cara belajar agama pun kian mudah. “Kekuatan iman itu pupuknya ilmu. Kalau kita kurang banyak belajar, pasti kurang paham. Kalau kurang paham, akan kurang iman. Kalau kurang ilmu, juga akan kurang amal,” tambahnya. (Try/M-1)

BERITA TERKAIT