07 May 2020, 20:51 WIB

Pemprov DKI Terima 121 Ribu Paket Sembako dari Donatur


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

PEMERINTAH provinsi (pemprov) telah menerima bantuan daei berbagai donatur untuk diberikan warga rentan secara ekonomi. Melalui program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB), DKI telah menerima 121.747 Paket sembako, 46.727 paket makan siap saji, dan 16.082 paket lebaran.

Dari keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta, bantuan tersebut sudah dibagikan ke RW yang sudah didata. Pada minggu kedua Ramadhan, terdapat 8 RW yang telah diberikan bantuan itu dari total 48 RW terdampak.

Kelompok kerja (pokja) KSBB telah menerima bantuan dari berbagai kalangan. Saat ini terdapat 20 donatur dari perusahaan atau elompok dan 1 donatur perseorangan. Dalam program KSBB itu, masyarakat dapat memberikan bantuan berupa bahan pangan pokok, makanan siap saji, hingga uang tunai.

Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng dengan penyalur bantuan resmi, yaitu Palang Merah DKI Jakarta, Baznas Bazis DKI Jakarta, Yayasan Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap, Dompet Dhuafa, dan Human Initiative.

Sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan mengatakan, bantuan untuk warga terdampak covid-19 tidak harus selalu melewati jalur birokrasi pemerintah. Siapa pun bisa langsung berdonasi.

"Kami tidak ingin program yang bersifat bantuan itu harus selalu bersumber dari negara. Platform KSBB itu bukan bantuan diserahkan kepada negara, lalu negara membagikan, bukan," jelas Anies di Jakarta Sabtu (2/5). (OL-4)

BERITA TERKAIT