07 May 2020, 20:42 WIB

Plt Wali Kota Medan Minta Warga Usir Orang Tak Bermasker


Yoseph Pencawan | Nusantara

PELAKSANA tugas Wali Kota Medan, Sumatra Utara, Akhyar Nasution tidak bisa menutupi kekesalannya melihat masih banyak orang yang tidak mengenakan masker di tengah pandemi virus korona atau covid-19.

Akhyar memperingatkan seluruh warga agar selalu mewaspadai orang-orang yang tidak mengenakan masker. Tidak tertutup kemungkinan orang-orang tersebut adalah mereka yang akan menularkan covid-19.

"Karena itu, jika ada orang yang mendatangi kita tidak memakai masker, lebih baik disuruh pergi saja," tegasnya, Kamis (7/5).

Baca juga: Khofifah Jamin Makanan untuk Warga Layak Konsumsi

Dia mengutarakan, pemakaian masker sangat penting untuk memutus mata rantai penularan covid-19.

Percikan dari hidung atau mulut atau droplet seorang penderita dapat tertahan mengenai orang lain dengan pemakaian masker.

Baca juga: Detak Pasar Baru Karawang tidak Berhenti Selama PSBB

Karena itu, pemakaian masker juga sudah menjadi kewajiban bagi warga Medan yang diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 11/2020 tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Medan.

Akhyar menegaskan setiap warga, baik yang sehat maupun yang sakit, wajib mengenakan masker, terutama saat melakukan aktivitas di luar rumah atau berada di tempat umum.

Baca juga: Hadapi Pandemi Covid-19, Gubernur Malut Perkuat Cadangan Pangan

Selain mengenakan masker, Akhyar juga kembali meminta warganya agar mengutamakan keberadaannya di rumah.

Kemudian selalu mengambil jarak 1,5 meter dari orang lain serta sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Dipastikannya,  pemerintah tidak akan mampu memutus penularan covid-19 tanpa dukungan penuh seluruh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan tersebut.(X-15)
 

 

BERITA TERKAIT