07 May 2020, 20:42 WIB

Gara-gara Covid-19, STAN Tidak Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ini


M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

KEMENTERIAN Keuangan memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran mahasiswa baru di Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Administrasi Negara (PKN STAN) pada 2020.

Keputusan itu menyusul Surat yang diedarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor B/435/M.SM.01.00/2020 tentang Rencana Pembukaan Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2020.

Dari siaran pers Kemenkeu yang diterima, Kamis (7/5) ditiadakannya seleksi mahasiswa baru di PKN STAN tahun 2020 sesuai dengan keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang Penetqpan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakig Akibat Virus Corona.

"Hal itu menyebabkan seleksi dalam bentuk tes umum tidak dapat dilaksanakan dengan efektif, mengingat jumlah rata-rata pendaftar selama tiga tahun terakhir mencapai angka 130.000 peserta," tulis siaran pers tersebut.

Kemudian dikatakan saat ini tengah dilaksanakan restrukturisasi dan pengkajian kebutuhan pegawai Kemenkeu dari lulusan program DI dan DIII PKN STAN, juga dari sumber-sumber lain.

Diterangkan pula saat ini tengah dilaksanakan penataan ulang sistem dan tata kelola pendidikan kedinasan di PKN STAN. Itu meliputi penataan program studi dan kurikulum yang menekankan pada relevansi lulusan PKN STAN di masa mendatang serta aspek pengembangan karakter ASN.

"Berdasarkan pertimbangan poin-poin tersebut, pendaftaran dan seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN tahun 2020 tidak dilaksanakan," tutup siaran pers tersebut. (OL-4)

BERITA TERKAIT