07 May 2020, 17:49 WIB

Program Kartu Prakerja Bukan Termasuk Pelatihan


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

DOSEN Pendidikan Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Henny H Br Dalimunthe, mengatakan bahwa pelatihan yang dilakukan oleh program kartu prakerja bukan termasuk pelatihan.

"Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya langsung terhadap pelaksaaan pelatihan, maka saya dapat menyatakan ini bukanlah pelatihan," kata Henny melalui keterangan tertulisnya, Kamis (7/5).

Video tutorial pada program kartu prakerja, menurutnya, hanya bagian dari strategi penyampaian materi pelatihan menggunakan media daring tetapi bukan sebuah konsep pelatihan dan tidak semua pelatihan bisa dilakukan hanya dengan video tutorial.

Selain itu, insentif yang diatur dalam kartu prakerja adalah dalam rangka upaya untuk pendukung bagi peserta untuk mencari kerja. Namun, dalam program ini, dikwatirkan untuk program social safety net.

"Tentunya ini tidak sebangun dengan konsep pelatihan yang pada akhirnya bertujuan agar peserta dapat bekerja dan mandiri untuk membuka usaha," ungkapnya.

Menurutnya perlu adanya evaluasi terhadap implentasi program bisa dikatakan sebuah konsep pelatihan atau hanya sebagai pengetahuan yang bersifat sementara.

"Seyogianya program kartu prakerja ini perlu secepatnya dilakukan evaluasi untuk memutuskan apakah program ini terus berjalan atau sementara ditunda pelaksanaanya, perlu waktu untuk melakukan pembenahan," tandas Henny. (OL-4)

BERITA TERKAIT