07 May 2020, 17:49 WIB

Keberangkatan Kereta Api Luar Kota Hanya dari Stasiun Gambir


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

STASIUN Gambir, Jakarta Pusat, direncanakan menjadi satu-satunya tempat yang dipilih untuk keberangkatan ke luar kota selama pelarangan mudik. Hal ini berkaitan dengan pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memutuskan mengizinkan seluruh transportasi beroperasi.

"Sekilas yag saya dengar seperti itu. Keberangkatan cuma dari Gambir," ujar Kepala Stasiun Gambir Kutarto saat dibubungi, Jakarta, Kamis (7/5).

Untuk kepastian penunjukan Stasiun Gambir itu, Kutarto menyerahkan sepenuhnya ke PT KAI dan Kementrian Perhubungan. Penunjukan tempat tersebut masih diwacanakan oleh pemerintah.

"Untuk pemberitahuan perjalanannya itu ya dari kantor pusat, dari KAI. Bahwa tanggal sekian dijalankan kereta dari gambir tujuanya kemana, keberangkatan jam sekian. Kalau sudah ada pengumuman baru itu (dipastikan)," ujar Kutarto

Baca juga :Aturan Transportasi Dilonggarkan, Pengawasan Harus Makin Ketat

Ia juga mengabarkan sampai hari ini, Stasiun Gambir masih belum beroperasi. Meski, sudah diumumkan oleh Menhub Budi Karya pada Rabu (6/5) lalu soal mengizinkan transportasi kembali beroperasi.

"Sampai sejauh ini kita belum terima arahan untuk keberangkatan, perjalanannya juga sampai saat ini belum ada. Kita belum terima yang pastinya. Tunggu info lebih lanjut," pungkas Kutarto.

Diketahui, Kementrian Perhubungan bakal menerbitkan Surat Edaran menjadi mengatur izin transportasi kembali beroperasi berdasarkan acuan Peraturan Menteri Perhubungan No 25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT