07 May 2020, 16:40 WIB

Pesan Hari Waisak dari Jokowi: Kita akan Melewati Segala Ujian


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2564 Buddhis Era (BE) yang jatuh pada hari ini, Kamis (7/4). Kepada seluruh umat Buddha di Tanah Air, Presiden berpesan agar persaudaraan sesama anak bangsa dipererat dalam masa sulit pandemi virus korona saat ini.

"Dengan persaudaraan dan gotong royong, kita akan berjalan bersama melewati segala ujian dan kesulitan. Selamat Hari Trisuci Waisak 2564. Semoga semua makhluk tetap saling mengasihi," kata Jokowi lewat akun resmi Instragram-nya, Kamis (7/5).

Baca juga: Waisak di Tengah Pandemi, Anies; Terima Kasih Umat Buddha

Peringatan Hari Waisak tahun ini dirayakan berbeda oleh umat Buddha lantaran situasi pandemi. Umat Buddha di Indonesia biasanya memenuhi Candi Borobudur ketika perayaan Waisak.

Namun kali ini, ibadah hanya digelar di rumah masing-masing atau di vihara secara sederhana dengan menerapkan pembatasan serta protokol kesehatan.

Menteri Agama Fachrul Razi sebelumnya telah mengimbau umat Buddha agar menyelenggarakan ibadah secara sederhana di tengah pandemi virus korona. Hal tersebut, menurut Menag, bertujuan untuk mencegah penyebaran covid-19.

"Saya juga mengajak kepada seluruh umat Buddha untuk turut berperan aktif memutus rantai penyebaran virus Covid-19 sebagaimana Buddha mengajarkan umatnya untuk mengatasi penderitaan," imbuhnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT