07 May 2020, 14:50 WIB

Jalur Nasional Banda Aceh-Sigli, Amblas di Lereng Seulawah Inong


Amruddin Abdullah Reubee | Nusantara

BADAN jalan di jalur nasional Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh-Sigli, Kabupaten Pidie, amblas sejak empat hari terakhir. Kerusakan itu terjadi di lintasan kawasan Tahura (Taman Hutan Raya) Pocut Meurah Intan, Saree, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar. Persisnya kawasan lereng Gunung Seulawah Inong

Badan jalan yang sebelumnya selebar sekitar 7 meter, sekarang tinggal hanya sekitar 2,5 meter. Adapun panjang kerusaksn itu berkisar 20 meter. Akibatnya arus lalulintas dari dan kedua arah tergaggu.

Pengemudi truk besar dan bus berbadan lebar harus antre di lokasi. Mereka harus melewati satu persatu. Karena hanya bisa dengan cara melewati satu
arah saling berganti.

"Kalau tidak hati-hati bisa mengundang kecelakaan. Apalagi lokasi itu lereng pengunungan yang banyak tikungan tajam. Dari jauh tidak terlihat badan jalan telah amblas karena terhalang tikungan" tutur Ibnu Abdullah, Kamis (7/5).

Pemerintah atau Pihak terkait diharapkan segera menanggulangi badan jalan utama tersebut. Pasal itu mwrupakan jalur menghubungkan  antar provinsi dan menghubungkan kabupaten/kota di Aceh nasional.

Tidak boleh terbiarkan terlalu lama. Karena kondisinya cukup rawan kecelakaan. Apalagi ini jalaur nadional yang menghibungkan Banda Aceh dengan daerah lain. Kalau tidak segera ditangani bisa melebar lagi, karena struktur tanah setempat sangat labi" tutur Marwan, pengemudi minibus pribadi asal Banda Aceh.(OL-13)

Baca Juga: PSBB: Volume Kendaraan di Tol Bocimi Turun 42 persen

Baca Juga: Rumah Penerima Bansos PSBB Ditandai Keluarga Miskin

BERITA TERKAIT