07 May 2020, 14:10 WIB

​​​​​​​Cegah Kejahatan saat PSBB, Polri Tingkatkan Keamanan


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

KARO Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat adanya pandemi korona (covid-19) kejahatan jalanan meningkat.

Padahal, tingkat gangguan serta ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah PSBB menurun.

“Kami sudah kerahkan petugas keamanan ke seluruh daerah artinya hampir di setiap perumahan dan kawasan ada yang jaga di sana, sehingga masyarakat merasa aman," ujar Argo, Rabu (6/5).

Ia pun meminta masyarakat dan petugas keamanan bisa bekerja sama demi menjaga keamanan bersama.

Argo menjelaskan, Kamtibmas pada April menurun 19,90% dibanding Maret, tapi catatan ini tidak termasuk angka kejahatan jalanan yang justru melonjak naik di tengah pandemi dan bulan puasa.

Baca juga: Polri Usut Penambangan Hutan Lindung di Sultra

Kejahatan jalanan seperti jambret, rampok dan curanmor merupakan yang paling banyak dan meningkat pada satu bulan terakhir.

“Polri dan TNI akan terus meningkatkan patroli. Sehingga diharapkan pelaku kejahatan mengurungkan niatnya. Patrol rencananya akan dilakukan setiap hari baik di kota besar maupun kecil.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menggeluarkan Surat Telegram terkait pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) serta antisipasi gangguan kamtibmas di masa pandemi korona.

Dalam isi TR tersebut dijelaskan Idham meminta jajaran untuk memaksimalkan pencegahan gangguan kambtibmas hingga ke pelosok daerah. (A-2)

 

 

BERITA TERKAIT