07 May 2020, 13:40 WIB

Kasus Transmisi Lokal Covid-19 Kian Luas di Sumsel


Dwi Apriani | Nusantara

Gugus tugas penanganan covid-19 di Sumatra Selatan (Sumsel) menegaskan saat ini kasus transmisi lokal covid-19 di Sumsel sudah meluas. Sebelumnya, Palembang, Prabumulih, Ogan Komering Ulu, dan Lubuklinggau ditetapkan zona
merah karena sudah adanya kasus penularan dengan status transmisi lokal.

Namun kini, bertambah dua daerah, yaitu Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir. Di dua daerah tersebut sudah ditemukan adanya kasus penularan transmisi lokal covid-19.

Juru bicara gugus tugas penanganan covid-19 di Sumsel, Yusri mengatakan saat ini di Sumsel sudah ada 210 kasus positif covid-19.

"Pada 6 Mei kemarin ada 11 kasus positif baru, sehingga total kasus positif di Sumsel ada 210. Kasus tambahan ini 7 dari Palembang, 2 dari OKI dan 2 dari Ogan Ilir. Semuanya adalah penularan transmisi lokal," papar Yusri, Kamis (7/5).

Oleh karena itu, pihaknya benar-benar berharap agar masyarakat tetap mematuhi protokol pencegahan penularan covid-19,
sehingga kita dapat secepatnya memutus rantai penyebaran virus covid-19.

Menurut Yuri, penyebaran virus covid-19 terus terjadi disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol pencegahan covid-19.

Baca juga: Ganjar Minta Kepala Daerah di Jateng Lacak Klaster Gowa

"Kami ingatkan agar masyarakat selalu menjaga jarak di setiap aktivitas di luar rumah. Misalnya saat membeli bahan pangan di pasar, jangan lupa tetap memakai masker," tukasnya.

Selain itu, lanjutnya, usahakan di rumah saja agar rantai penyebaran covid-19 bisa diputus.

Yusri berharap kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat tersebut tidak hanya dilakukan saat pandemi covid-19 saja, tetapi juga dilanjutkan dan menjadi budaya masyarakat secara utuh.

Terkait covid-19, hingga kini ada 6 orang yang meninggal dunia dengan status positif covid-19. "Untuk pasien sembuh di Sumsel masih tercatat 47 orang. Harapan kita jumlah pasien sembuh terus bertambah," tandasnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT