07 May 2020, 13:25 WIB

PSBB, Jumlah Kendaraan Masuk ke Kota Padang Malah Naik


Yose Hendra | Nusantara

BEBERAPA hari belakangan, jumlah kendaraan yang memasuki Kota Padang mengalami peningkatan. Hal ini terpantau dari Posko Protek Lubuak  Paraku, Padang. Peningkatan terutama terjadi pada akhir pekan kemarin. Padahal, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai virus korona tengah dilakukan.Seluruh warga diimbau untuk tetap berada di rumah. Wadanpos Protek Lubuak Paraku, Padang, Rita Sumarni menyebut, peningkatan arus kendaraan yang masuk ke Kota Padang mulai terlihat pada Kamis (30/4).

"Kendaraan masuk Padang mulai ramai sejak Kamis kemarin," kata Rita, Kamis (7/5).

Sebagai contoh, pada malam akhir April lalu, Kamis (30/4), sebanyak 152 kendaraan roda empat masuk ke Kota Padang. Sebanyak 351 orang diperiksa suhu tubuhnya. Sedangkan 55 orang diantaranya merupakan pelaku perjalanan dari daerah Terjangkit (PPT). Pada libur Hari Buruh pada 1 Mei, arus kendaraan ke Padang lebih ramai pada pagi hingga siang harinya.

Berdasarkan data dari petugas kesehatan yang mengecek kesehatan pengemudi dan penumpang, sebanyak 332 kendaraan masuk Padang sejak pukul 07.00 hingga 14.00 Wib.  Dari 752 orang yang diperiksa suhu tubuhnya, 34 orang merupakan PPT dan tujuh orang merupakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) karena tingginya suhu tubuh.

Arus kendaraan masuk Padang pada Jumat (1/5) malam mengalami peningkatan cukup signifikan. Sebanyak 213 kendaraan roda empat melewati posko tersebut mulai pukul 14.00 hingga 21.00 WIb. Dimana 437 orang diperiksa suhu tubuhnya, 17 orang diantaranya merupakan PPT.

baca juga: Banjir Luapan Sungai Batanghari Meluas di Jambi

Sementara pada Sabtu (2/5) pagi, kendaraan roda empat yang masuk mencapai 222 unit. Dimana pada pukul 07.00- 14.00 Wib, sebanyak 247 orang diperiksa suhu tubuhnya, 26 orang diantaranya merupakan PPT. Sabtu sore, jumlah roda empat yang masuk Padang yakni sebanyak 150 kendaraan. Dari 480 orang diperiksa suhu tubuhnya, tujuh orang diantaranya merupakan PPT. Kemudian pada malam harinya, dari sebanyak 167 pengendara yang diperiksa suhu tubuhnya, 13 di antaranya merupakan PPT.

Kondisi serupa juga hampir terjadi pada Minggu (3/5). Kendaraan yang masuk dihentikan di depan posko untuk kemudian seluruh penumpang diperiksa suhu tubuhnya.

"Rata-rata sehari ada 1000 kendaraan yang masuk Padang dari jalur ini," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT