07 May 2020, 13:20 WIB

Ibadah Trisuci Waisak di Makassar dengan Live Streaming


Lina Herlina | Nusantara

UMAT Buddha di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, merayakan Hari Raya Waisak tahun ini, dilakukan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Mereka melaksanakannya tidak datangke viara, tapi dilakukan secara streaming karena wabah Covid-19.

Seperti yang dilaksanakan di Vihara Girinaga, Jalan Gunung Salahutu, Makassar. Bhikkhu Bante Bhodi atau Patraku, Kamis (7/4). Bhodika Bhodi,mengatakan perayaan tri suci waisak di tengah pandemi korona tentunya sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Ratusan Polisi India Positif Terinfeksi Covid-19

"Kita beribadah dengan cara live streaming. Tidak hanya di Kota Makassar, di seluruh dunia juga melakukannya. Itu dilakukan untuk memutus mata rantai Covid-19, agar tidak lagi menyebar lebih luas lagi. Mau tidak mau, semua agama mengorbankan perasaan dirinya. Tapi ini harus dilakukan untuk memutus penularan penyakit," urainya.

Semua umat diminta merayakan Trisuci Waisak dari rumah masing-masing, jelas Bhikkuh Bhodi, tanpa memguramgi nilai dari perayaan kali ini. "Harapannya, semoga bulan ini, pandemi korona dapat berakhir. Mari kita tinggal dan beribadah di rumah saja. Berdiam diri di rumah saja, kita bisa berbuat baik. Dengan tetap berdoa," lanjutnya.

Bahkan menurutnya, di rumah saja itu sudah membantu pemerintah dan tim medis di rumah sakit,  tim relawan yang berjibaku, agar bisa dikarunia terus kesehatan, pamdemi bisa berakhir dan semua bisa berjalan normal.

Adapun rangkain ibadah di Vihara Girinaga, yaitu dimulai sejak pagi hingga sore hari dengan menyanyikan lagu Masr Girinaga dilanjut Bulan Suci Waisak, kemudian kebaktian, Paritta dan Bessing oleh Bhikkuh Sanga. Ditutup meditasi, lalu kegiatan lainnya. (OL-13)

Baca Juga: Banjir Luapan Sungai Batanghari Meluas di Jambi

Baca Juga: Polri Usut Penambangan Hutan Lindung di Sultra

BERITA TERKAIT