07 May 2020, 11:15 WIB

Belanda Izinkan Restoran Buka Kembali pada Juni


Basuki Eka Purnama | Internasional

RESTORAN, kafe, dan museum di Belanda diizinkan buka kembali dengan sejumlah pembatasan pada 1 Juni setelah kebijakan lockdown diperlonggar. Hal itu dikatakan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Selasa (6/5).

Masker wajib digunakan di transportasi publik mulai bulan depan saat sejumlah layanan mulai beroperasi ungkap Rutte yang menjelaskan sejumlah pelonggaran dari lockdown yang diberlakukan pada 16 Maret lalu.

Belanda menggunakan pendekatan yang lebih ringan dibandingkan negara-negara tetangga mereka. Namun, Rutte memperingatkan jika angka infeksi kembali naik, kebijakan lockdown akan kembali diberlakukan.

Baca juga: Juru Bicara Bolsonaro Positif Covid-19

"Kita tidak bisa membuka lockdown jika kita tidak bijak," ujar Rutte.

Sekolah menengah juga akan mulai dibuka pada Juni sementara sekolah dasar dan taman kanak-kanak akan mulai dibuka pekan depan.

Restoran, kafe, museum, dan bioskop diizinkan menampung maksimal 30 orang, mencakup staf serta harus mematuhi aturan social distancing sejauh 1,5 meter mulai 1 Juni.

Pengunjung restoran diminta membuat reservasi dan menyatakan bahwa mereka tidak memiliki potensi menularkan covid-19. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT