07 May 2020, 10:01 WIB

Komunitas di Labuanbajo Gotong Royong Donasikan APD Untuk Nakes


John Lewar | Nusantara

KOMUNITAS Labuanbajo Peduli sejak sebulan telah membagikan ratusan alat perlindungan diri (APD) kepada petugas medis di seluruh puskesmas dan desa-desa yang tersebar di Manggarai Barat.Mulai dari saniter, sepatu masker, baju mantel, topi kacamata,sarung tangan dan obatan lainnya. Hingga kini komunitas tersebut masih giat mengumpulkan dana untuk keperluan pembelian alat perlindungan diri tersebut.

Ketua tim koordinator lapangan Labuanbajo, Petrus Urus mengatakan dalam gerakan membagikan ratusan APD kepada tenaga kesehatan, bekerja sama dengan para donatur lokal termasuk pengusaha.

"Separuh APD telah dibagikan ke puskesmas dan desa khususnya untuk tenaga medis. Sehingga mereka termotivasi, semangat dan terlindungi dalam melayani pasien," kata Peter Urus kepada Media Indonesia, Kamis (7/5).

Donasi APD ini telah didistrubusikan ke Puskemas Kecamatan Komodo, Mbeliling, Sanongoang, Rekas, Lembor dan Kuwus.

"Bantuan ini paling utama itu pemutusan mata rantai penularan covid-19," tambah Peter.

baca juga: Bansos Pemda DIY Tunggu Lampu Hijau dari Pemerintah Pusat

Salah seorang petugas kesehatan Puskesmas Kecamatan Kuwus, Maria Jemana mengaku berterimakasi atas upaya bakti komunitas Labuanbaj Peduli terhadap situasi pandemi korona virus. Kepedulian ini telah menghilangkan rasa cemas petugas dalam mengurus pasien karena memiliki keterbatasan fasilitas berupa APD.

"Dengan adanya APD ini telah menghilangkan rasa cemas kami dalam urusan merawat pasien. Terimakasi Labuanbajo Peduli," kata  Maria Jemana. (OL-3)

BERITA TERKAIT