07 May 2020, 09:08 WIB

Laboratorium PCR Tes Korona di NTT Beroperasi


Palce Amalo | Nusantara

Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) pemeriksaan swab virus korona (covid-19) di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai beroperasi, Kamis (7/5).

Sebelumnya, pada Selasa (5/5) Pemerintah Provinsi NTT menerima bantuan delapan kardus berisi reagen kit dari pemerintah pusat untuk kebutuhan laboratorium tersebut.

Kepala Instalasi Patologi Klinik Rumah Sakit (RS) WZ Johannes Kupang Dokter Ita Malawa mengatakan reagen tersebut cukup untuk memeriksa sekitar 300 swab. "Ini pengiriman awal ya, masih terus kontinu,"
katanya.

Baca Juga: Mengenal Rapid Test dan Swab Test

Pengoperasian laboratorium tersebut akan mempercepat pengujian spesimen swab sehingga mempercepat penanganan pasien yang terpapar virus korona.

Kepala Dinas Kesehatan NTT dokter Dominikus Mere mengatakan rumah sakit sudah menerima swab dari berbagai kabupaten di antaranya dari Malaka dan Sikka.

Sampai Kamis pagi tercatat 176 swab sudah dikirim dari NTT ke laboratorium di Jakarta dan Surabaya. Dari jumlah itu, 84 sampel sudah diketahui hasilnya terdiri dari 72 swab negatif korona dan 12 swab positif korona, sedangkan 92 sampel lainnya masih dalam proses pemeriksaan.

Dari 12 positif korona tersebut, satu orang sudah sembuh dan 11 orang masih dirawat terdiri dari delapan orang dari klaster Sukabumi dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Kupang, dua orang dari Klaster Gowa dirawat di Rumah Sakit Komodo, Manggarai Barat, dan satu orang dari Klaster Kapal Motor Lambelu dirawat di Larantuka, Flores Timur. (PO/OL-10)

BERITA TERKAIT