07 May 2020, 08:00 WIB

Williams Pastikan Keselamatan Lebih Utama Ketimbang Balapan


Basuki Eka Purnama | Olahraga

WAKIL Prinsipal Tim Formula 1 Williams, Claire Williams, Rabu (6/5), mengakui ada peluang timnya akan bangkrut akibat pandemi covid-19. Meski begitu, dia menegaskan kesehatan stafnya lebih utama ketimbang menggelar kembali balapan.

Formula 1 musim 2020 belum digelar dengan 10 balapan ditunda atau dibatalkan. GP Austria pada 5 Juli telah ditetapkan sebagai balapan pembuka musim.

Bagi tim semenjana, seperti Williams yang musim lalu berada di posisi juru kunci konstruktor dengan raihan satu poin, pemasukan dari balapan sangatlah mereka butuhkan.

Baca juga: F1 Batasi Pengeluaran Tim Akibat Covid-19

"Sangat menakutkan melihat Formula 1 tidak hanya bisa kehilangan satu atau dua tim namun banyak tim jika balapan tidak digelar lagi," ujar Williams kepada Sky Sports.

"Model finansial di olahraga kita membuat tim menggantungkan diri pada pemasukan dari hasil klasemen konstruksi," imbuhnya.

Meski begitu, Claire menegaskan, "Anda tetap harus mengedepankan kesehatan semua orang sebelum kembali menggelar balapan. Bagi saya, pada akhirnya, keselamatan orang-orang saya adalah yang terpenting."

"Keselamatan tim saya, apakah mereka kembali bekerja di Grove (markas tim Williams) atau melakukan perjalanan untuk balapan adalah yang terpenting. Saya tidak akan mengirimkan mereka kecuali semuanya telah aman," lanjutnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT