07 May 2020, 06:30 WIB

Pakar Kesehatan Sebut Perang Melawan Covid-19 Bisa Bertahun-tahun


Basuki Eka Purnama | Internasional

SEORANG pakar kesehatan berbicara di hadapan anggota DPR Amerika Serikat (AS), Rabu (6/5), dan mengatakan perang melawan covid-19 akan berlangsung lama dan sulit.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) di era Presiden Barack Obama, Tom Frieden, mengatakan pemerintah AS harus mempersiapkan diri lebih baik untuk mengalahkan virus yang telah melanda dunia itu.

"Hingga kita memiliki vaksin atau ada hal yang tidak terduga terjadi, virus ini akan ada bersama kita selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun," ujar Frieden di hadapan panel kesehatan DPR AS.

Baca juga: Tiongkok Tantang Pompeo Ungkap Bukti Soal Lab di Wuhan

"Apa yang terjadi saat ini, meski sangat buruk, ini adalah permulaan," ujar Frieden yang merupakan komandan tim AS yang menangani krisis Ebola pada 2014.

AS, saat ini, merupakan negara yang paling parah terhantam pandemi covid-19 dengan 1,2 juta kasus positif dan 72 ribu kematian.

Jumlah korban tewas di AS diperkirakan akan menembus angka 100 ribu pada akhir Mei jika tidak ada peningkatan upaya oleh pemerintah AS, ungkap Frieden.

"Intinya, perang melawan covid-19 akan lama dan sulit," tegasnya. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT