07 May 2020, 04:43 WIB

Ngotot Tarawih Berjamaah, Enam Orang di Sidoarjo Positif Korona


Heri Susetyo | Nusantara

SEBANYAK 123 jamaah Masjid Al-Ikhlas di Perumahan Bluru Permai Kelurahan Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo mengikuti rapid tes seusai menjalankan salat tarawih, Rabu (6/5) malam. Ada enam jamaah yang hasilnya dinyatakan positif atau diduga terpapar covid-19.

Rapid test di Masjid Al-Ikhlas ini dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Sejumlah anggota Polsek Sidoarjo Kota ikut berjaga agar proses rapid test berjalan lancar.

"Yang positif ini empat laki-laki dan dua perempuan," kata Kapolsek Sidoarjo Kompol Supiyan.

Enam jamaah itu kemudian dibawa ke tempat observasi dan harus menjalani isolasi. Selanjutnya juga akan dilakukan swab untuk lebih memastikan tingkat akurasi. Apabila hasil swab nantinya positif, makamereka harus dirawat di rumah sakit rujukan penanganan korona.

Supiyan menambahkan, rapid test terhadap jamaah masjid ini menindaklanjuti perintah Gubernur Jawa Timur. Sasarannya adalah masjid-masjid yang masih ada kegiatan salat tarawih atau mendatangkan jamaah dalam jumlah besar.

"Dari hasil ini tadi tentu akan menjadi bahan evaluasi,akan kami laporkan ke gugus tugas, apakah nanti juga akan diterapkan dimasjid-masjid yang lain karena dari pengamatan masih banyak yangmenyelanggarakan sholat tarawih," kata Supiyan.

Tujuan rapid test ini sendiri sebagai antisipasi untukmenangani penyebaran covid-19 di tengah warga. Apabila ternyata ada warga yang positif maka bisa segera terdeteksi dan dilakukan penanganan cepat agar tidak semakin luas penyebarannya. (OL-8).

 

BERITA TERKAIT