07 May 2020, 04:00 WIB

Pasien Positif Covid-19 Klaster Gowa Dipindahkan ke RSUD Komodo


John Lewar | Nusantara

DUA pasien positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (6/5) dipindahkan ke ruangan isolasi RSUD Komodo, Labuan Bajo. Sebelumnya, keduanya yang masuk klaster Gowa, Sulawesi Selatan, menjalani isolasi di salah satu gedung olaraga Desa Batu Cermin bersama dua belas rekan mereka.
    
Bupati Manggarai Barat Agustinus Dula membenarnkan kedua pasien tersebut telah dipindahkan ke RSUD Komodo yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk pasien positif korona di NTT. "Sudah tadi sekitar jam 19.00 Wita," jelas tulis Dula.

Dula menjelaskan, alasan kedua pasien baru dipindahkan Rabu (6/5) padahal telah dinyatakan positif Covid-19, beberapa hari sebelumnya karena Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Manggarai Barat harus menyiapkan ruang isolasi di RSUD Komodo secara baik. "Karena ruang isolasi RSUD Komodo harus dipersiapkan dengan baik," Jelas.

Terkait kemungkinan rasa aman pasien lain yang dirawat di RSUD Komodo Labuan Bajo, Dula mengatakan hal tersbeut tidak perlu dikhawatiorkan. "Itu dijamin oleh petugas rumah sakit. Mereka pandai mengatur termasuk pasien umum pindah tempat perawatannya," tambah Dula.

Terkait jadwal kapan pasien lain akan dipindahkan, Dula mengatakan tergantung keputusan RSUD Komodo dan Kadis Kesehatan Manggarai Barat.

Di sisi lain, kepala dinas kesehatan Manggarai Barat, Paul Mami mengatakan keberadaan pasien positif Covid-19 saat ini dalam kondisi sehat. Penetapan kedua orang ini, sebut Paul, berstatus sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). (R-1)

BERITA TERKAIT