07 May 2020, 02:30 WIB

Trump Sebut Serangan Covid-19 Lebih Parah dari 9/11


Ghani Nurcahyadi, Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump menyebut krisis yang diakibatkan pandemi virus korona baru penyebab covid-19 di negaranya lebih parah dibandingkan tragedi Peral Harbor dan serangan teroris ke menara kembar World Trade Center pada 9 September 2001.

"KIta sekarang sedang mengalami serangan terparah sepanjang sejarah negara ini. Serangan terburuh yang pernah AS rasakan," kata Trump di Gedung Putih, Rabu (6/5) waktu setempat.

"Ini bahkan lebih buruh dari Pearl Harbor dan Word Trade Center," imbuh Trump menganalogikan.

Sejauh ini, covid-19 telah menginfeksi lebih dari 1,2 juta orang di AS dengan lebih dari 70 ribu pasien meninggal dunia. AS menjadi negara terparah dalam "serangan" virus yang bermula di kota Wuhan, Tiongkok itu.

Baca juga : Walikota Amazon Meminta Bantuan Dunia Untuk tangani Korona

Di sisi lain, tragedi 9/11 merenggut 3.000 nyawa di AS dan menyeret AS dalam perang melawan Taliban di Afghanistan dan Rezim Saddam Hussein di Irak.

Sedangkan Pearl Harbor yang disebabkan serangan kamikaze angkatan udara Jepang, menyeret AS ke Perang Dunia II yang berlangsung hingga 1945.

Sementara itu, mantan Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) Tom Fieden menyebut perjuangan melawan covid-19 bisa berlangsung dalam hitungan tahun.

"Sampai kita puynya vaksin yang efektif atau sesuatu yang tak terduga terjadi, musuh viral ini akan bertahan dalam, hitungan bulan, bahkan tahun. Kita mungkin masih pada fase awal sekarang," kata Frieden yang menjabat di masa Presiden Barack Obama dalam sesi dengar pendapar di DPR AS. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT