07 May 2020, 00:45 WIB

Kota Makassar Ajukan PSBB Tahap Kedua


Lina Herlina | Nusantara

PEMERINTAH Kota Makassar, Sulawesi Selatan memutuskan memperpanjang masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Keputusna tu diambil setelah melakukan pembicaraan dengan Forkopimda Kota Makassar serta Forkopimda Sulawesi Selatan.

Pejabat Wali Kota Makassa, Iqbal Suhaeb, Rabyu (6/5) mengatakan pihaknya telah mengusulkan surat perpanjangan PSBB kepada Gubernur Sulsel yang kemudian diteruskan ke Kementerian Kesehatan RI. Ia mengatakan pada tahap kedua PSBB, penerapan akan difokuskan pada gerakan perubahan sosial secara terencana.

Perpanjangan PSBB, lanjut Iqbal, dilakukan untuk menghindari terjadinya euforia masyarakat yang akan kembali berbaur, sebab menganggap penyebaran virus korona sudah selesai. Hal itu katanya, bisa memicu terjadinya peningkatan kasus baru. Apalagi, sebelumnya diketahui penyebaran Covid-19 di Makassar didominasi oleh transmisi lokal.

Meski memperpanjang PSBB, Iqbal mengklaim, PSBB tahap pertama berhasil menurunkan angka kematian, mengurangi angka penyebaran, dan meningkatnya jumlah pasien yang sembuh.

Berdasarkan data yang ada, sejak kasus positif Covid-19 di Sulsel  diumumkan pada 19 Maret lalu hingga sehari sebelum PSBB diberlakukan pada 23 April 2020, jumlah total kumulatif kasus positif Covid-19 di Makassar sebanyak 302 kasus.

Jika dirata-ratakan selama rentang waktu 35 hari, ada penambahan sebanyak kurang lebih 8-9 kasus setiap harinya. Sementara hingga 5 Mei 2020, jumlah total kumulatif kasus Covid-19 di Makassar tercatat 440 kasus. Selama 12 hari penerapan PSBB (24 April-5 Mei) di Kotya Makassar ada penambahan 133 kasus positif Covid-19 atau sekitar 11 kasus setiap hari. (R-1)

BERITA TERKAIT