06 May 2020, 17:15 WIB

Menhub: Kebugaran Penting, Itu yang Menyembuhkan Saya


Hilda Julaika | Humaniora

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sudah resmi bertugas kembali sebagai menteri per 5 Mei lalu. Seperti diketahui, Budi sempat dinyatakan positif terkena penyakit Covid-19 pada awal Maret lalu. Kini, dirinya sudah berhasil sehat kembali dan kembali bekerja seperti sedia kala. 

Menurutnya, faktor kebugaran tubuh lah yang membuat proses pemulihan kesehatan pasca terserang covid-19 bisa cepat. Dalam wawancara dengan Metro TV, Rabu (6/5), Budi menceritakan kemungkinan tempat di mana dirinya tertular virus berbahaya ini. Ia menganalisis waktu tertular virus ini pada saat menyambangi salah satu proyek Kemenhub di Makassar.

Baca juga: Update Covid-19: Pasien Sembuh Bertambah Jadi 2.317 Orang 

“Kementerian Perhubungan itu mempunya proyek yang besar Makassar-Parepare. Nah itu, 7 orang dari sekian rombongan itu kena (covid-19). Saya menduga di sana. Saya rasanya tertular di sana,” ceritanya kepada masyarakat, Rabu (6/5).

Ia meyakini faktor kuat yang membuatnya bisa cepat sembuh dari covid-19 adalah karena kebugaran tubuh yang dimilikinya. Budi mengungkapkan sebelum terserang virus ini dirinya sudah memiliki kebiasaan untuk rajin berolahraga karena sebelumnya dinilai terlihat lesu saat beraktivitas.

Alhasil, sambungnya, sebelum rutin berolahraga tingkat kebugaran tubuhnya diperkirakan di level 6. Namun, pada saat terserang covid-19 kebugaran tubuhnya mencapai level 7 atau 8. Sehingga menurutnya kebugaran itu penting dan menjadi modal bagi diirnya untuk bisa segera publih dari Covid-19.

“Gak pernah orang itu 14 hari bisa survive (dari covid-19). Kebugaran itu penting. Ini menjadi suatu pemikiran bahwa saya harus mempunya gaya hidup dan kebugaran yang bagus,” ungkapnya.

Saat ini, dirinya sudah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan. Meski begitu, ia tetap harus menjaga dan memantau kondisi tubuh secara rutin bersama dokter terkait. Termasuk mengonsumsi obat setiap harinya secara berkala. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT