06 May 2020, 16:45 WIB

Pemerintah Jerman Beri Lampu Hijau, Bundesliga Digelar 21 Mei


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

PEMERINTAH Jerman dilaporkan telah memberi lampu hijau kembali bergulirnya Bundesliga yang ditunda sejak Maret imbas wabah Covid-19.

Kanselir Angela Merkel dan pemimpin negara bagian telah menetapkan dimulainya Bundesliga, yakni kemungkinan besar pada 21 Mei. Waktu tersebut dirasa cukup bagi pemain untuk menjalani karantina diri selama 14 hari dan berlatih di pusat latihan.

Baca juga: Jazz Pastikan Gobert dan Mitchell Sudah Berdamai

Dalam dokumen kesepakatan yang dirangkum AFP, pemerintah Jerman meyakini dengan bergulirnya kembali kompetisi di divisi satu dan dua setidaknya mencegah guncangan ekonomi bagi 36 klub.

Sepak bola Jerman termasuk industri yang menyerap tenaga kerja. Tercatat 56 ribu orang bekerja menggantungkan harapan dari industri kulit bundar.

Klub akan meraup 300 juta euro dari hak siar TV jika mereka diizinkan untuk melanjutkan sembilan pertandingan tersisa Bundesliga musim ini.

Dana segar itu bisa menambal sebagian kerugian finansial klub. Media Jerman melaporkan hampir separuh dari 36 tim divisi satu dan dua di ambang kebangkrutan.

Liga Sepak Bola Jerman (DFL) akan mengadakan pertemuan melalui konferensi video pada Kamis (7/5). Dalam pertemuan itu perwakilan dari klub akan menyelesaikan rincian rencana untuk melanjutkan kompetisi. (AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT