07 May 2020, 07:00 WIB

Pasangan Obama Motori Pesta Kelulusan Pelajar AS Virtual


Fetry Wuryasti | Weekend

SEPERTI juga yang terjadi di Indonesia, kelulusan pelajar sekolah menengah hanya diumumkan secara daring (online), akibat pandemi. Meski begitu perayaan kelulusan pelajar di Amerika Serikat tetap dirayakan secara meriah melalui cara virtual yang kemudian akan disiarkan melalui Youtube dan beberapa stasiun televisi.

Dalam acara bertajuk "Graduate Together" yang akan disiarkan melalui televisi pada 16 Mei, Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama akan tampil memnyampaikan pesan kepada seluruh pelajar yang lulus. Dalam pidatonya itu Obama juga akan mengajak seluruh masyarakat untuk merenungkan pandemi dan perubahan kehidupan karenanya.

Dilansir, Variety.com, tidak hanya Obama, sang isteri Michelle juga akan merayakan kelulusan angkatan 2020 lewat acara di Youtube bertajuk "dear Class of 2020". Acara yang akan disiarkan pada 6 Juni ini diselenggarakan oleh gerakan yang diinisiasi oleh Michelle untuk kemajuan pendidikan, Reach Higher.  

Dua acara perayaan kelulusan yang dimotori oleh pasangan Obama ini merupakan cara mereka untuk menghadirkan kebahagiaan bagi angkatan 2020 meski kelulusan mereka tidak diselenggarakan secara normal. 

Dalam perayaan lewat Youtube itu Michelle menggandeng sejumlah tokoh dunia dan selebritas, seperti pemenang Nobel Perdamaian asal Pakistan-- Malala Yousafzai, mantan Sekretaris Negara Condoleezza Rice, Lady Gaga, LeBron James, hingga band K-Pop BTS.

Sekolah-sekolah dan perguruan tinggi ditutup di seluruh Amerika Serikat sejak pertengahan Maret karena wabah virus korona. Akibatnya perayaan dan pidato wisuda sebagai tanda kelulusan pada bulan Mei dan Juni harus ditiadakan. (M-1)

BERITA TERKAIT