06 May 2020, 15:45 WIB

Perumda Pasar Jaya Jamin Distribusi Bansos Tahap 2 tidak Molor


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DIREKTUR Utama Perumda Pasar Jaya Arif Nasruddin menjamin dalam pendistribusian bantuan sosial (bansos) tahap 2 tidak akan terlambat seperti pada tahap 1.

Arif mengatakan pihaknya memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan paket sembako untuk bansos tahap 2 karena saat ini Pemprov DKI tengah menunda sementara pendistribusian sambil melakukan perbaikan data.

Baca juga: Menhub Izinkan Operasi Moda Transportasi, Organda: Jangan Ngaco!

"Saya yakin tidak molor meski jumlahnya bertambah. Karena kami punya waktu yang cukup," ungkap Arif dalam sela rapat evaluasi bansos bersama Komisi E DPRD DKI Jakarta, Rabu (6/5).

Arif mengakui ada sedikit kendala dalam distribusi bansos tahap 1 yang membuat penyaluran bansos bermasalah.

"Karena waktunya sempit. Saya dapat perintah (distribusi) 8 April sementara 9 April sudah harus delivery ke Kelurahan Penjaringan 10ribu paket. Bayangin aja," jelasnya.

Waktu yang sempit itu menurutnya tidak terulang di pemberian bansos tahap 2. Sementara itu, dalam pendistribusian bansos tahap 1 pun Arif mengakui apa yang sudah dicapai Perumda Pasar Jaya sudah cukup memuaskan.

Sejak membagikan bansos pada 9 April, Perumda Pasar Jaya mampu membagikan 96% dari total 1,2 juta paket bansos pada 24 April. Pendistribusian mencapai 100% dikeesokan harinya atau pada 25 April.

"Itu menurut saya ya kami bekerja yang terbaik. Apa yang diperintahkan ke kami, itulah yang kami kerjakan. Dan mencapai 96% laku 100% besoknya itu juga sudah merupakan hal yang luar biasa di tengah situasi saat ini sulit ada covid-19," tegasnya.

Pada bansos tahap pertama yang berlangsung selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap pertama 10-23 April, Pemprov DKI membagikan 1,2 juta paket bansos kepada 1,2 juta KK. Nilai paket bansos adalah Rp149ribu.

Sementara itu, pada pembagian bansos tahap 2 diperkirakan jumlah penerima akan bertambah menjadi 2juta KK dengan nilai bansos yang juga bertambah. Bansos tahap kedua akan dibagikan menjelang lebaran.(OL-6)

BERITA TERKAIT