06 May 2020, 14:14 WIB

Moda Transportasi Beroperasi Lagi, Dishub DKI Siap Ikuti Aturan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut belum secara resmi menerima salinan aturan soal izin Kementerian Perhubungan kepada warga tertentu untuk bisa bepergian ke daerah lain.

Namun, ia memastikan apabila keputusan tersebut terkait dengan operasional angkutan umum di DKI Jakarta maka ia akan menyesuaikan aturan mengenai transportasi umum di ibu kota.

Baca juga: Dishub DKI Stop Operasi Tiga Kendaraan Travel

"Ya, kita pasti akan mengikuti, akan menyesuaikan," kata Syafrin saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (6/5).

Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pemprov DKI Jakarta membatasi jam operasional angkutan umum. Seluruh angkutan umum di Jakarta hanya boleh beroperasi sejak pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Hal ini termasuk kepada angkutan TransJakarta, MRT, LRT, KRL, hingga KA lokal dan jarak jauh.Namun untuk sementara ini, KA lokal dan jarak jauh berhenti beroperasi karena adanya larangan mudik.

Sementara itu sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan memberikan kelonggaran terhadap pembatasan warga yang bisa bepergian keluar kota. Pihaknya akan menerbitkan aturan pemberian izin kepada warga dengan kriteria tertentu untuk bisa bepergian keluar kota.

Golongan warga yang diperbolehkan bepergian ke luar kota misalnya pejabat negara dan anggota legislatif yang hendak menjalankan tugas, WNI yang dipulangkan dari luar negeri ke daerah asal, warga yang memiliki penyakit berat dan harus dirujuk, serta warga yang memiliki kerabat yang meninggal dunia. (OL-6)

BERITA TERKAIT