06 May 2020, 16:15 WIB

Yuk, Biasakan Mencuci Tangan Biar Sehat


Fetry Wuryasti | Weekend

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan 5 Mei sebagai Hari Kebersihan Tangan Dunia. Tangan yang bersih diakui ampuh  menangkal banyak infeksi serius.

Tahun ini, seperti dikutip indianexspress.com, temanya adalah ‘Save Lives: Clean Your Hands’, bertujuan menjadikan kebersihan tangan sebagai prioritas global dengan mendorong perubahan perilaku.

Konsensus global menyebut mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran coronavirus dan banyak penyakit menular lainnya. Meskipun kebersihan tangan bukan konsep baru, aktivitas tersebut jadi teramat penting di saat krisis kesehatan saat ini.

Data dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), sekitar 1,8 juta anak di bawah usia lima tahun secara global meninggal karena penyakit diare dan radang paru-paru setiap hari. Kebersihan tangan dan kesadaran yang baik di sekitarnya dapat membantu menurunkan angka ini.

Menyentuh wajah kita dengan tangan yang tidak bersih dapat memindahkan kuman ke kulit yang menyebabkan berjerawat, komedo. Pada orang dengan kulit sensitif, dapat menyebabkan kemerahan dan ruam.

Pandemi virus korona telah membawa masyarakat secara global kembali ke praktik dasar kebersihan, seperti menggunakan sabun dan air bersih untuk mencuci tangan secara menyeluruh atau menggosoknya dengan sanitiser berbasis alkohol dapat mengurangi paparan penyakit secara luar biasa.

Sanitiser tangan mungkin merupakan alternatif terdekat untuk mencuci tangan terutama ketika seseorang berada di luar dan tidak memiliki akses ke kamar mandi yang bersih. (M-4)

BERITA TERKAIT