06 May 2020, 13:03 WIB

Pelajar di Wuhan Kembali ke Sekolah


Basuki Eka Purnama | Internasional

PARA pelajar di episenter wabah covid-19 di Tiongkok, Wuhan, kembali ke kelas mereka pada Rabu (6/5). Mereka mengenakan masker dan berbaris melewati pemindai suhu tubuh.

Pelajar tingkat akhir di 121 sekolah kembali ke kelas mereka untuk pertama kali sejak kota mereka melakukan lockdown pada Januari lalu.

"Sekolah akhirnya dibuka," ujar seorang warganet di Weibo, Twitter versi Tiongkok.

"Ini adalah kali pertama saya sangat senang kembali ke sekolah meski kini saya harus menghadapi ujian selama sebulan penuh," imbuh warganet itu.

Baca juga: Sukses Kendalikan Covid-19, Korsel Mulai Kembali Normal

Para pelajar duduk berjarak satu meter satu sama lain dan melihat langsung guru mereka mengajar setelah selama beberapa bulan menjalani pembelajaran jarak jauh.

Pembukaan kembali ke sekolah merupakan langkah teranyar dalam proses normalisasi kehidupan di Wuhan dan wilayah sekitarnya di Provinsi Hubei tempat virus korona pertama kali muncul di dunia pada Desember lalu.

Hanya pelajar paling senior yang hadir di sekolah. Mereka akan menghadapi ujian untuk masuk universitas.

Adapun junior mereka, pelajar kelas 1 dan 2 masih belum diketahui kapan akan mulai bersekolah.

Pejabat di Wuhan mengatakan para pelajar dan guru telah menjalani tes covid-19 sebelum kembali ke sekolah. Sekolah mereka juga telah disemprot disinfektan.

Sekolah di Wuhan menjadi yang terakhir dibuka. Sekolah-sekolah lain di Tiongkok telah mulai dibuka sejak bulan lalu dengan Beijing dan Shanghai mengizinkan pelajar kembali ke sekolah pada pekan lalu. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT