06 May 2020, 12:00 WIB

16 Kasus Positif Covid-19 di Brebes Klaster Ijtima Gowa


Supardji Rasban | Nusantara

Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Brebes Jawa Tengah, mengalami lonjakan jumlahnya saat ini mencapai 16 orang. Semua pasien positif covid-19 tersebut merupakan klaster jemaah tabligh Alumni Ijtima Gowa, Sulawesi Selatan.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Brebes Idza Priyanti saat konferensi pers perkembangan kasus pandemi covid-19 di kantor Bupati Brebes.  

Sebelumnya ada sebanyak 49 sampel swab dari Kabupaten Brebes yang sudah diperiksa di Labkesda Kementerian Kesehatan di Salatiga. Dari hasil swab test  21 orang, diketahui 1 orang positif covid-19 dan 20 negatif.

Idza menyampaikan mereka yang terkonfirmasi positif covid-19 itu berdasarkan uji swab yang sudah dilakukan 15 hari lalu. "Tim kesehatan sudah melakukan rapid test kepada keluarga pasien terkonfirmasi positif secara bertahap dengan jemput bola," ujar Idza, Rabu (6/5).

Baca juga: Bantuan yang Diterima Pemkot Yogyakarta Mencapai Rp2,5 Miliar

Idza meminta masyarakat Kabupaten Brebes untuk tetap tenang meskipun pasien positif covid-19 cukup banyak. "Mereka yang terkonfirmasi positif akan menjalani swab test kedua, 14 hari kemudian sesuai protokol penanganan covid-19," jelasnya.

Oleh karena itu, Idza mengingatkan kewajiban memakai masker jika keluar untuk beraktivitas. "Ke luar rumah bila ada keperluan mendesak saja dan ingatlah untuk menjaga jarak," tandasnya.

Adapun jumlah jemaah Tabligh Alumni Gowa, baik yang positif maupun yang belum keluar hasil swab test-nya di Brebes ada 50 orang. Mereka berasal dari Kecamatan Bantarkawung, Salem, Brebes, Sirampog, Bulakamba, Wanasari, Bumiayu, dan Paguyangan. (OL-14)

BERITA TERKAIT