06 May 2020, 11:35 WIB

​​​​​​​Presiden: Pandemi harus mulai Berakhir di Juli


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo menargetkan penyebaran virus korona di Indonesia sudah mulai berakhir pada Juli mendatang.

Target tersebut disampaikan saat presiden memimpin Sidang Kabinet Paripurna secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (6/5).

"Target kita di Bulan Mei ini harus betul-betul tercapai. Sesuai dengan target, kurva penyebaran sudah harus turun. Pada Juni, masuk posisi sedang dan di Juli sudah harus masuk posisi ringan," ujar Jokowi.

Untuk bisa mencapai target tersebut, ia pun menginstruksikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan seluruh menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk fokus pada pengendalian pandemi secara tepat dan cepat.

"Saya melihat negara yang akan menjadi pemenang adalah negara yang berhasil mengatasi covid-19. Untuk itu, semua menteri, kepala lembaga, panglima TNI kapolri, kerahkan semua tenaga dan energi untuk kendalikan ini dan tangani dampak yang menyertainya, dengan cara apapun," tegas kepala negara.

Baca juga: DPR Desak Pemerintah Transparan Soal Anggaran Penanganan Covid-19

Tidak hanya unsur-unsur pemerintahan, seluruh elemen bangsa juga diminta untuk bahu-membahu berjuang melawan pandemi yang telah menimbulkan kekacauan di hampir seluruh negara di dunia.

"Jajaran pemerintahan, organisasi sosial kemasyarakatan, relawan, parpol, dan swasta, semua harus bersatu dan ini harus diorkestrasi dengan baik. Saya yakin jika kita bersatu, jika kita disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, semua rencana yang sudah kita siapkan akan bisa bisa mengatasi covid-19 secepat-cepatnya," ucap Presiden. (A-2)

 

BERITA TERKAIT