06 May 2020, 11:22 WIB

BI: Pertumbuhan Ekonomi RI Termasuk Tertinggi di Dunia


Antara | Ekonomi

GUBERNUR Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan pertama 2020 yang mencapai 2,97%, termasuk salah satu yang tertinggi di dunia saat pandemi covid-19 dibandingkan negara lain yang pertumbuhannya negatif.

"Angka 2,97% itu alhamdulillah, artinya jauh lebih baik dari sebagian besar negara lain yang negatif atau kalau pun positif itu lebih rendah," katanya dalam keterangan pers daring di Jakarta, Rabu (6/5).

Pertumbuhan ekonomi RI pada triwulan pertama tahun ini menurun dibandingkan triwulan empat tahun 2019 yang mencapai 4,97%.

Meski begitu, Perry Warjiyo mengaku pertumbuhan ekonomi itu patut disyukuri karena masih tumbuh positif dibandingkan negara lainnya.

"Pertumbuhan 2,97% ini menurut saya patut disyukuri bandingkan negara lain yang tumbuh negatif," katanya.

Baca juga: BI: Capital Inflow Semakin Membaik pada Pekan Awal Mei 2020

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi RI itu juga bersamaan dengan ekonomi Vietnam yang tumbuh positif meski lebih tinggi dari Indonesia mencapai 3,82%.

Gubernur BI membandingkan pertumbuhan ekonomi RI dengan negara di kawasan ASEAN lain yakni Singapura yang tumbuh minus 2,2% dibandingkan triwulan empat 2019 mencapai 1%.

Begitu juga negara-negara Uni Eropa yang sebelumnya pada triwulan empat 2019 sebesar 1% menjadi minus 3,3%.

Negara lain yang juga tumbuh di kisaran positif namun lebih rendah dari Indonesia, ungkap dia, di antaranya Amerika Serikat pada triwulan pertama tahun ini mencapai 0,3% dan Korea Selatan mencapai 1,3%. (A-2)

BERITA TERKAIT