06 May 2020, 11:19 WIB

Dapat Ventilator dari AS, Meksiko Sebut Trump Sahabat


Basuki Eka Purnama | Internasional

PEMERINTAH Meksiko, Selasa (5/5) berterima kasih kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan menyebut prang nomor satu di 'Negeri Paman Sam' itu sebagai sahabat karena memberikan bantuan di tengah pandemi covid-19.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrand memuji AS karena memasok ventilator yang sangat dibutuhkan Meksiko untuk memerangi covid-19.

"Hari ini, kami berterima kasih sepenuh hati kepada pemerintah AS, khususnya kepada Presiden Trump karena dia memastikan hal ini terjadi," ujar Ebard.

Baca juga: Wali Kota Manaus Minta Bantuan Dunia

"Seperti kata orang bijak, Anda tahu siapa sahabat Anda ketika berada dalam kesulitan. Hari ini, pesawat yang dia janjikan telah tiba," imbuhnya.

Meksiko menerima 211 ventilator yang bernilai masing-masing antara US$16 ribu dan US$24 ribu saat 'Negeri Sombrero' itu menghadapi puncak pandemi covid-19.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan rencana pertemuan dengan Trump pada Juni atau Juli mendatang akan digunakan untuk mengekspresikan solidaritas kepada warga AS dan berteima kasih atas bantuan mereka selama pandemi.

Hingga Senin (4/5), Meksiko telah mencatatkan 25 ribu kasus covid-19 dan 2.271 kematian. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT