06 May 2020, 08:30 WIB

F1 Batasi Pengeluaran Tim Akibat Covid-19


Basuki Eka Purnama | Olahraga

MANAGING Director Formula 1 Ros Brawn, Senin (4/5), mengatakan pembatasan pengeluaran harus dilakukan untuk mencegah tim-tim meninggalkan balapan jet darat itu akibat pandemi covid-19.

Brawn mengungkapkan batas pengeluaran untuk musim 2021 dipangkas menjadi US$145 juta dan bisa dipangkas lagi pada tahun-tahun berikutnya.

Hal lain yang akan dilakukan Formula 1 adalah pembagian hadiah yang yang lebih merata kepada tim-tim yang ada.

Batas pengeluaran sebesar US$175 juta rencananya akan diterapkan pada tahun depan dalam upaya menyeimbangkan persaingan.

Baca juga: Musim Formula E Terancam Dihentikan

Namun, akibat pandemi covid-19 yang menyebabkan penundaan atau pembatalan 10 balapan pada tahun ini, pembahasan untuk memangkas jumlah itu telah dilakukan dengan FIA, badan pengurus olahraga otomotif dunia.

"Telah banyak dilakukan pembicaraan dan kita berada di tahap akhir," ujar Brawn. "Kita akan mengawali dengan pembatasan pengeluaran sebesar US$145 juta dan kemudian membahas bagaimana kita bisa memangkas biaya lebih lanjut pada tahun berikutnya.

"Selain itu, akan ada perbaikan pembagian hadiah uang di kesepakatan yang baru. Tim papan tengah akan mendapatkan proporsi yang semakin baik terkait hadiah uang."

"Jadi, tim papan tengah yang baik akan bisa naik podium, bahkan menang, sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan. Jika itu terjadi, Formula 1 akan memiliki mas adepan yang baik," imbuhnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT