06 May 2020, 06:50 WIB

PAN Hormati Keputusan Hanafi Rais


Uta/P-1 | Politik dan Hukum

HANAFI Rais yang juga putra pendiri PAN Amien Rais itu memilih mundur sebagai Ketua Fraksi PAN di DPR dan juga anggota DPR. Hanafi mundur karena hasil Kongres PAN kembali memenangkan Zulkifli Hasan sebagai ketum. Padahal, Zulkifli ialah besan Amien Rais.

Kabar mundurnya Hanafi Rais berawal dari beredarnya surat bermaterai atas nama dirinya.

Dalam surat itu disebutkan Hanafi menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan anggota DPR RI Fraksi PAN periode 2019-2024.

Seperti diketahui, Kongres PAN awal tahun lalu merupakan pertarungan dua kubu antara pihak Zulkifli Hasan dan Amien Rais. Akhirnya, kubu Zulkifli Hasan menang dan pihak Amien Rais pun tersingkir.

Hanafi mengatakan, setelah Kongres PAN, dia memiliki harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan prinsip keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader.

Sekjen PAN Eddy Soeparno menyebut setiap insan politik memiliki cara masing-masing untuk tetap berkontribusi dan aktif ke masyarakat.

“Kami percaya bahwa setiap insan politik dapat berbakti dan berkontribusi secara aktif kepada masyarakat sesuai dengan cara yang dianggap terbaik bagi dirinya masing-masing,” tutur Eddy.

Eddy mengatakan pada prinsipnya kepengurusan DPP PAN akan menghormati setiap keputusan yang diambil kader PAN, termasuk keputusan mundurnya Hanafi Rais. Namun, Eddy menyebut hingga saat ini DPP PAN belum menerima surat pengunduran Hanafi seperti yang sudah tersebar di media.

“Kami menghormati sikap dan keputusan setiap kader PAN dalam membaktikan dirinya kepada partai dan masyarakat, baik di dalam struktur partai maupun di luar. Namun, saya belum menerima surat yang telah beredar di teman-teman media,” paparnya.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mulyadi mengakui informasi mundurnya Hanafi belum masuk ke partai. “Belum ada surat pengunduran diri Hanafi yang masuk ke Sekretariat DPP PAN, sebagaimana yang diberitakan media.”

Ketua DPW PAN Sulawesi Barat, Muhammad Asri Anas, justru membenarkan informasi tersebut. Dia mengaku mengonfirmasi langsung kabar tersebut ke Hanafi .

“Saya sudah konfirmasi sama Hanafi . Benar beliau mundur seperti di surat,” kata Asri Anas. (Uta/P-1)

BERITA TERKAIT