06 May 2020, 03:20 WIB

Demi Mudik, Rela Ngumpet di Sela Muatan Truk Tronton


Solmi | Nusantara

WALAU pemerintah telah melarang mudik akibat pandemi Covid-19, hal itu tidak membuat surut keinginan sebagian masyarakat untuk berlebaran di kampung halaman. Berbagai cara dilakukan untuk bisa lolos dari pos-pos pemeriksaan yang ada.

Hal itu pula yang dilakukan lima orang asal Lampung, Sumatera Selatan. Keinginan kuat untuk berlebaran di daerah asal membuat mereka nekat melanggar larangan mudik yang telah ditetapkan pemerintah.

Untuk mengelabui petugas di pos pemeriksaan, kelimanya yang berangkat dari Aceh, bersembunyi di bagian belakang truk yang mengangkut alat penggilingan padi. Namun, ushaa mereka diketahui petugas di pos pemeriksaan di Desa Suban, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi batas Riau, Kamis (30/4).

Kapolres Tanjungjabung Barat AKBP Guntur Saputro menyebutkan, kelima pemudik tersebut bertolak dari Aceh dengan daerah tujuan Lampung. Sewaktu pemeriksaan, petugas di pos pemeriksaan Suban, Batang Asam, menemukan kelimanya bersembunyi di bawah terpal di dalam bak truk bagian belakang.

"Kita temukan ada satu truk trailer mengangkut alat penggilingan padi. Setelah kita lakukan pemeriksaan ada lima penuimpang yang bersembunyio di bagian belakang truk. Mereka diduga warga yang akan mudik dari Aceh menuju Lampung," kata Guntur, Selasa (5/5).

Oleh petugas, kelima orang tersebut langsung diturunkan sementara truk melanjutkan perjalanan menuju Lampung. Setelah menjalani pemeriksaan
kesehatan, kelima pemudik tersebut diminta kembali ke Aceh. (R-1)

BERITA TERKAIT