06 May 2020, 05:15 WIB

Apa Beda si Anyar Samsung A31 dengan A51 dan A30s?


Fathurrozak | Weekend

Samsung merilis seri A terbarunya, di Indonesia, Selasa, (5/5), Samsung A31. Bagaimana spesifikasi dan perbandingan dengan para pendahulunya?

Samsung A31 masih berfokus pada tiga spesifikasi utama, yakni kamera, display, dan ketahanan baterai. Bila dibandingkan dengan beberapa pendahulunya, seperti A30s dan A51, Samsung A31 tampak lebih semakin menonjol untuk keperluan gim. Berikut perbandingan spesifikasinya.

 

1. Baterai 5000 mAh

Pada Samsung A31, dibekali dengan spesifikasi baterai 5000mAh (mili ampere hour). Kapasitas ini menjadi peningkatan dari versi Samsung A30s dan Samsung A51 yang sama-sama mengusung baterai 4000mAh.

Gamer yang juga menjadi brand ambassador tim EVOS E-sport Bang Skot, yang sudah menjajal performa A31 menuturkan dengan kapasitas baterai hingga 5000 mAh, setidaknya bisa digunakan untuk bermain gim antara lima dan 10 jam. Tergantung juga dengan spesifikasi gim yang dimainkan. “Kalau main gim ringan kayak Clash of Clan (CoC) gitu seharian bisa sampai 10 jam dipakai terus masih bisa. Seenggak 5000 mAh di atas lima jam masih bisa,” tuturnya dalam konferensi pers virtual peluncuran Samsung A31, Selasa, (5/5).

 

2. Kamera Belum Super Steady

Resolusi kamera A31 yakni, kamera utamanya 48 MP, dengan detil 8 MP untuk fitur ultra wide, dan 5 MP untuk mengakomodasi kebutuhan efek depth of field. Sementara, kamera depan dibubuhi dengan spesifikasi resolusi 20 MP. Spesifikasi kamera di A31 sudah diperbarui dari versi A30s, yang membubuhkan 25 MP untuk kamera utama, dan 16 MP untuk kamera depan.

Resolusi 48 MP milik A31 menyamai dengan yang dibawa A51. Hanya berbeda pada detil spesifikasi, dan beda resolusi kamera depan. Bila A31 hadir dengan resolusi 20 MP-nya, A51 mengakomodasi kamera depan dengan resolusi 25 MP. Namun, bila dibandingkan dengan A51, Samsung A31 belumlah memiliki fitur super steady seperti yang ada di seri A51. Super Steady berfungsi untuk menstabilisasi goyangan ketika kita mengambil video.

“Super steady belum ada. Stabilisasi masih di A51. Namun dari resolusi sama kualitas videonya, A31 lumayan. Tetap nyaman dan enak dilihat. Tapi kalau memang mau ambil yang lebih ekstrem bisa gunakan tools gimbal. Sementara seri A51 untuk handheld lebih nyaman. Kita tetap pertahankan kualitas, dengan output tajam dan bagus,” ungkap Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Irfan Rinaldi dalam konferensi pers virtual tersebut.

 

3. Masih dalam Kelas Mid-range

Samsung A31 masih dikategorikan sebagai ponsel pintar yang masuk ke dalam kelas mid-range (kelas menengah). Irfan Rinaldi menyebutkan, A31 masih dalam sekelompok A30 hingga A50. Dengan deret harga berkisar Rp3 jutaan hingga Rp5 jutaan. Sementara untuk seri A70 ke atas, dimasukkan ke kelas atas.

Untuk harga retail yang disarankan, Samsung A31 dibanderol dengan Rp4 juta 199 ribu. “Kalau lihat harga gap-nya dari Rp4,2 juta sampai ke Rp4,8 juta. Enggak terlalu mepet juga. Apa yang membedakan, A51 kita fokusnya di desain yang lebih cantik. Menggunakan display baru, dan punya sisi video recording yang sudah didukung super steady. Nah, kalau A31 fokusnya di mana? Bukan khusus di gaming juga. A31 menyasar segmen middle ke harga Rp4 juta enggak sampai di atas Rp4,5 juta. Overall A51, A31, A71 garis besarnya awesome for everyone,” sambung Irfan.

Spesifikasi lain dari Samsung A31 ini juga telah mengusung display Super Amoled FHD+. Dengan ukuran layar 6,4 inci sama seperti A30s. Sementara A51 memiliki layar 6,7 inci. A31 hadir dalam tiga pilihan warna, putih, hitam, dan biru. Untuk mendukung dalam bermain gim, Samsung A31 juga dilengkapi dengan teknologi AI game booster, seperti yang disematkan dalam A51. Fitur ini membantu performa dalam bermain gim, dengan meningkatkan kualitas audio visual gim yang sedang dimainkan. Frame rate menjadi lebih stabil.

“Dengan game booster, ini sudah enggak perlu device tambahan kalau mau bikin konten gaming. Enggak ribet. Jadi gamer enggak perlu pihak ketiga lagi ketika sedang bermain. Selain itu juga bisa men-disable chat yang masuk,” ungkap Bang Skot. (M-2) 

BERITA TERKAIT