06 May 2020, 01:17 WIB

PewDiePie Ekslusifkan Dirinya untuk YouTube


Bagus Pradana | Weekend

YouTuber PewDiePie dikabarkan telah menandatangani sebuah kesepakatan untuk live streaming secara eksklusif di YouTube.

PewDiePie, yang memiliki nama asli Felix Kjellberg ini merupakan salah satu YouTuber dengan jumlah pengikut terbanyak di dunia, tercatat hingga tahun 2019 akun YouTube-nya telah diikuti oleh 100 juta pengikut.

YouTuber berusia 30 tahun ini mulai memposting konten di YouTube pada tahun 2010. Ia sukses menarik perhatian para pengguna YouTube melalui komentar humor yang sering ia layangkan saat sedang bermain gim.

Namun belakangan candaannya seringkali berisi komentar-komentar kontroversial. Salah satu yang komentarnya yang paling mencuri perhatian warganet ialah leluconnya tentang Nazi, yang berbuntut pada pembatalan sejumlah kontrak kerja sama dengan pihak YouTube dan Google.

Pada akhir tahun 2019 lalu, secara mengejutkan PewDiePie mengumumkan bahwa dirinya akan beristirahat selama satu bulanan dari aktivitas produksi konten untuk YouTube. PewDiePie menjelaskan alasan utama keputusan istirahatnya ini adalah karena dirinya merasa sedang sangat lelah beberapa bulan.

YouTuber asal Swedia ini juga mengungkapkan sedang mencoba platform streaming lain, DLive, yang menurutnya menjanjikan pengembalian finansial yang lebih baik untuk para penggunanya.

Dilansir oleh bbc.com (5/5), baru-baru ini PewDiePie dikabarkan telah menandatangani sebuah kesepakatan dengan pihak YouTube untuk melaksanakan live streaming secara ekslusif.

Kembalinya PewDiePie ke YouTube banyak dianggap merupakan strategi YouTube untuk memenangkan pertempuran streaming video dengan platform-platforn lain. Sebelumnya situs-situs streaming online termasuk Twitch dan Mixer, telah menandatangani kesepakatan eksklusif dengan para influencer lain untuk meningkatkan jumlah pengunjung situsnya.

Dalam sebuah pernyataan, PewDiePie menyatakan bahwa tawaran untuk melaksanakan 'Live Streaming' secara eksklusif dari YouTube adalah bagian besar dari keputusannya untuk kembali ke platform online streaming ini.

"Live Streaming adalah sesuatu yang sangat saya fokuskan pada tahun 2020 ini, jadi kesempatan untuk bermitra dengan YouTube dan menjadi yang terdepan dalam fitur-fitur produk barunya adalah kesempatan istimewa yang menarik di masa depan," ungkapnya. 

Selain menandatangi kerjasama dengan PewDiePie, awal tahun ini YouTube juga telah menandatangani sejumlah kesepakatan dengan beberapa YouTuber game lain seperti Valkyrae, Muselk dan LazarBeam untuk melakukan live streaming di platform YouTube. (BBC/M-2) 

BERITA TERKAIT