06 May 2020, 01:10 WIB

PSSI Bahas Nasib Liga 1 Akhir Pekan Ini


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

ANGGOTA Komite Eksekutif PSSI Vivin Cahyani Sungkono mengatakan pihaknya akan membahas nasib Liga 1 dan 2 pada akhir pekan ini.

Sejauh ini, Liga 1 dan 2 masih berkaca pada keputusan PSSI pada akhir Maret lalu. Pada surat keputusan nomor 48/SKEP/III/2020 itu, PSSI menunda gelaran kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

Jika perubahan status darurat tidak diperpanjang oleh pemerintah, maka PSSI menginstruksikan PT. Liga Indonesia Baru untuk melanjutkan kompetisi terhitung tanggal 1 Juli 2020.

Namun, apabila pemerintah memperpanjang status darurat virus korona atau covid-19 yang ditetapkan pada 29 Mei, maka kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akan dihentikan.

"Kami baru rapat exco hari Jumat untuk membahasnya (Liga 1 dan 2). Setelah itu pasti ada release resmi dari PT LIB," ungkap Vivin, ketika dihubungi, Selasa (5/5).

Vivin mengatakan pada pertemuan nanti akan dibahas secara menyeluruh mengenai kompetisi dan agenda PSSI dalam waktu dekat.

"Semuanya akan dibahas di meeting nanti terkait kelanjutan kompetisi dan juga kegiatan lain PSSI dalam masa dan sesudah covid-19," ungkapnya.

Sementara itu, Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan hingga saat ini mengenai status Liga 1 dan 2 masih merujuk pada status tanggap darurat covid-19 yang ditetapkan pemerintah. PSSI, kata ia, akan menunggu lampu hijau dari pemerintah mengenai kelanjutan PSSI.

"PSSI tetap berpedoman pada Peraturan Kesehatan dan statsu tanggap darurat yang ditetapkan pemerintah Indonesia," kata Yunus.

Di lain pihak, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengirimkan masukan dari para klub mengenai nasib Liga 1 dan 2. Direktur operasional PT LIB, Sujarno mengatakan mayoritas klub meminta menghentikan kompetisi di tengah situasi pandemi covid-19.

"Terkait kompetisi pada umumnya baik liga 1 dan 2 dihentikan, kalau ada sisa waktu nanti udah normal mungkin ada kegiatan semacam turnamen yang dikelola PSSI atau diberi mandat ke LIB," kata Sujarno.

Sujarno mengatakan akan menunggu keputusan PSSI mengenai Liga 1 dan 2.

"PSSI yang putuskan. Kita hanya memberi masukan, LIB sebagai pemegang mandat memberi masukan, nanti kan PSSI punya mekanismenya sendiri dalam memutuskan," kata Sujarno. (OL-8).

BERITA TERKAIT