06 May 2020, 00:18 WIB

Cegah Kebakaran, Petugas Damkar Sosialisasi Keliling Kampung


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DINAS Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta menggencarkan sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 dan  bencana kebakaran.

Sosialisasi dilakukan dengan menerjunkan petugas berkeliling kampung terutama di daerah padat penghuni menggunakan unit motor reaksi cepat (UPRC).

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, sosialisasi digencarkan agar meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya Covid-19 dan juga pencegahan kebakaran.

Apalagi, tingginya aktivitas masak-memasak di bulan suci Ramadan bisa memicu terjadinya kebakaran jika lalai terhadap kewaspadaan.

“Kita gencarkan lagi sosialisasi pencegahan kebakaran ini. Mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap kebakaran yang bisa terjadi kapan saja,” kata Satriadi, saat dikonfirmasi, Selasa (05/5).

Dijelaskannya, setiap hari sebanyak 44 sektor (kecamatan) yang ada di DKI Jakarta dan juga kepulauan seribu menugaskan dua personel Unit Reaksi Cepat (UPRC) berkendaraan sepeda motor. Menyusuri sejumlah kampung dan fasilitas umum sembari menyuarakan pencegahan kebakaran melalui pengeras suara kendaraan setiap sore hari.

Tak hanya soal pencegahan kebakaran, dipastikannya sosialisasi ini juga menyuarakan pencegahan penyebaran Covid-19. Menghimbau masyarakat mematuhi segala anjuran pemerintah untuk tetap berada di dalam rumah, tidak mudik, menggunakan masker saat mendesak keluar rumah dan lain sebagainya.

“Kita berharap hal yang kita lakukan ini bisa membawa dampak terhadap pengurangan penyebaran Covid-19 dan juga frekwensi kebakaran, karena kita yakin untuk menghindari bencana ini perlu kolaborasi semua pihak baik pemerintah, swasta dan juga peran masyarakat,” tutupnya. (OL-8).

 

BERITA TERKAIT