06 May 2020, 01:35 WIB

Opsi Liga Primer Pangkas Durasi Laga


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

OPSI-OPSI untuk kembali melanjutkan Liga Primer Inggris terus bergulir kendati pembahasan lanjutan bakal dilakukan pekan depan.

Kali ini, kembali muncul untuk melangsungkan pertandingan kurang dari waktu normal sebagai solusi menuntaskan Liga Primer musim ini. Presiden Asosiasi Pesepak Bola Profesional atau PFA Inggris, Gordon Taylor, mengatakan ada kemungkinan pertandingan digelar kurang dari waktu normal atau 90 menit ketika kompetisi kembali bergulir.

Selain berkurangnya durasi pertandingan, ada juga opsi menambah pergantian pemain dan menggelar laga di tempat netral. Usulan tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam project restart antara pihak Liga Primer, klub, federasi, asosiasi manajer, dan pemain.

“Kami tidak tahu apa yang terjadi di masa depan. Namun, ada gagasan penambahan pergantian pemain, pertandingan yang tidak akan 45 menit satu babak, dan digelar di tempat netral,” kata Taylor, kepada BBC Radio, kemarin.

Meski demikian, ia menegaskan semua kemungkinan masih bisa terjadi selama ada diskusi mengenai kelanjutan kompetisi. Yang terpenting, opsi-opsi tersebut dapat menjamin keselamatan dan kesehatan pemain.

“Akan ada banyak kemungkinan, tapi kita ingin menjaga integritas kompetisi ini. Yang terpenting, apakah ketika musim ini dilanjutkan bisa juga menjamin keamanan dan kesehatan,” kata Taylor.

Liga Primer Inggris yang ditunda sejak pertengahan Maret lalu akan kembali dilanjutkan. Posisi teratas klasemen sementara ditempati Liverpool yang berpeluang besar menjadi kampiun jika kompetisi musim ini menyelesaikan sembilan laga tersisa.

Meski belum ada kepastian tanggal, klub sepakat melanjutkan dan akan mengikuti protokol medis, tes pemain, dan perlindungan pemain. Pemerintah Inggris juga akan meninjau aturan lockdown dan akan mempertimbangkan kembalinya sepak bola, rugbi, dan kriket.


Langkah awal

Selain Liga Primer, La Liga Spanyol juga bersiap kembali bergulir. La Liga telah me ngonfirmasi bahwa klub Divisi Primera dan Segunda akan kembali berlatih, pekan ini. Meski demikian, latihan itu masih digelar secara individu setelah adanya kesepakatan dengan otoritas olahraga dan kesehatan Spanyol yang menjamin keselamatan pemain dan staf.

La Liga mengatakan ini sebagai langkah awal melanjutkan kompetisi yang tertunda sejak Maret. Direncanakan, dua kasta tertinggi sepak bola Spanyol itu akan kembali bergulir, pertengahan Juni. Pemain akan menjalani tes virus korona atau covid-19 sebelum kembali ke pusat latihan. 

Pemain berlatih secara individu dan diminta telah siap dengan kostum latihan masing-masing. Pemain tidak boleh melakukan kontak sama sekali dengan para staf. Selanjutnya, sesi latihan akan digelar dalam kelompok kecil yang tidak lebih dari enam pemain.

Pada fase terakhir, klub akan diizinkan melakukan sesi latihan secara berkelompok dalam jumlah tidak lebih dari 14 pemain. Namun, langkah ini akan bergantung dengan kondisi atau kasus covid-19 di negara itu. Jika angkanya terus menurun, akan semakin cepat bagi para pemain kembali berlatih secara bersama-sama.

Presiden La Liga Javier Tebas berharap kembalinya sepak bola menjadi momentum bagi masyarakat dapat hidup normal kembali dan menjadi pembangkit semangat di saat pandemi covid-19.

“Kembalinya sepak bola bahwa masyarakat di Spanyol dan seluruh dunia sedang menuju kehidupan normal yang baru,” kata Tebas. (AFP/BBC/TheGuardian/R-2)
 

BERITA TERKAIT