05 May 2020, 22:54 WIB

Bansos PSBB Tahap 2, Ojol Hingga Seniman Masuk Daftar Penerima


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH DKI Jakarta berencana menambah jumlah penerima bantuan sosial (bansos) tahap dua pada pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 2.

Di PSBB tahap 1 jumlah KK yang mendapat bansos ada sebanyak 1,2 juta KK. Sementara pada PSBB tahap 2 ini jumlah penerima bansos akan bertambah lebih dari 700 ribu KK sehingga totalnya direncanakan akan ada 2 juta KK penerima bansos.

Sebanyak 450 ribu di antaranya adalah pengemudi ojol. Jumlah ini tidak hanya untuk warga DKI tetapi juga bagi warga yang beridentitas non-DKI tetapi tinggal dan mencari mata pencaharian di Jakarta.

Jumlah ini merupakan jumlah yang berasal dari perbaikan data serta pendaftaran penerima bansos tambahan. Rencana ini dibenarkan oleh aggota DPRD DKI Jakarta Mujiyono.

Baca juga : Aturan Pembatasan Ketat Memasuki Jakarta Segera Terbit

"Iya memang ada tambahan dari segi jumlah dan nilai bansos," kata Mujiyono saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (5/5).

Sementara itu golongan pekerja informal lain yang direncanakan akan menerima bansos adalah pengemudi taksi sebanyal 20 ribu orang, UKM sebanyak 10 ribu, dan juga data warga Jawa Tengah sebanyak 10 ribu orang.

Golongan penerima bansos lainnya juga adalah nelayan, urban farming, opang, pengemudi bajaj, pengemudi angkutan kota, pekerja seni, pengemudi bus, penghasil pertanian, SLB, dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU). (OL-7)

BERITA TERKAIT